Berikut beberapa penjelasan manfaat yang akan diraih oleh hamba dengan istighfar. Istighfar Adalah Sebab Pengampunan Dosa. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak bisa lepas dari yang namanya salah dan dosa. Alloh Maha Pengampun,  bagi hambaNya yg memohon ampunan dan pasti diampuni.

Dari Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma–, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa senantiasa beristighfar, niscaya Alloh menjadikan untuk setiap kesedihannya kelapangan dan untuk setiap kesempitannya jalan keluar, dan akan diberi-Nya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR. Abu Daud)

Beberapa manfaat membaca istighfar:

(1) Diampuni dosa-dosanya, sebesar apapun dosa yang dilakukan maka yakinlah bahwa Alloh SWT. Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat, dan yakinlah bahwa pengampunan Alloh masih lebih besar daripada dosa yang diperbuat oleh manusia.

(2) Hati menjadi bersih dan bening bagaikan cermin yang selalu dibersihkah pada setiap waktu sehingga mengkilat lagi, demikian pula hati.

(3) Kemaksiatan meninggalkan noda hitam dan kotoran di dalam hati setiap orang yang melakukannya. Setelah beristighfar, noda dan kotoran itu hilang, lalu hati menjadi bening kembali seperti cermin mengkilat.

(4) Bagi yang berulang kali melakukan kemaksiatan, maka noda hati bertambah, sebanyak maksiat yang dilakukan. Bahkan sampai penuh menutupi hati berwarna hitam. Begitulah Abu Hurairah ra meriwayatkan sabda Rasululloh ﷺ :

“Apabila seorang hamba melakukan suatu kesalahan, maka ternodalah hatinya dengan setitik noda hitam. Setelah lepas dan beristighfar, baru hatinya bersih dan bening kembali. Jika mengulang, bertambahlah noda-noda itu sampai menutup hatinya. Itulah yang disebutkan “Ar Raan” oleh Alloh di dalam Al Quran: Sekali-kali tidak demikian. Sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka.” (HR. Tirmidzi, Nasaai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Hakim).

(5) Dihilangkan dari segala kesedihan dan kesusahannya.

(6) Dimudahkan dari segala urusan yang dihadapinya dan diberikan solusi yang lebih baik menurut Alloh SWT.

(7) Harta dibuat-Nya subur, melimpah dan barokah.

(8) Rizkinya dipermurah dari jalan yang tidak disangka-sangka.

❀ Karena begitu pentingnya Istighfar, di dalam Al-Qur’an Alloh berfirman diantaranya:

  1. Dalam bentuk perintah, seperti:
    “Dan mohon ampunlah kamu kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah,2:199). “Dan hendaklah kamu mohon ampun kepada Tuhanmu, kemudian bertaubatlah kepada-Nya.” (QS. Hud,11: 3)
  2. Dalam bentuk pujian kepada ahli Istighfar, seperti:
    “Dan orang-orang yang membaca Istighfar di waktu-waktu sahur.” (QS. Ali Imran,3:15)
    “Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Alloh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka; dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Alloh?! Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran,3:135)
  3. Dalam bentuk ungkapan, bahwa Alloh mengampuni siapapun yang beristighfar;
    “Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya kemudian dia memohon ampun kepada Alloh, niscaya ia mendapati Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nisaa’,4: 110)
  4. Dalam bentuk ungkapan stimulasi kepada orang yang suka berbuat maksiat agar mendapatkan ampunan dari Alloh;
    “Katakanlah! Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar,39: 53).
  5. Alloh SWT. menyatakannya melalui Nabi Nuh as. :
    “Maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu yang lebat. Dan memperbanyak harta-harta dan anak-anak kamu, dan menjadikan untukmu kebun-kebun dan menjadikan pula untukmu di dalamnya sungai-sungai.” (QS. Nuh,7: 1“Dan (Hud berkata): Hai kaumku! Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang lebat kepadamu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”(QS. Hud,11: 52)

 

Semoga kita menjadi Hamba yang lebih baik..aamiii

Termasuk amalan yg bisa menghapus dosa adalah Haji dan umroh

#umrohmudah

#umrohgratis

#multazamrohani

#umrohterpercaya

Kami Siap Membantu Anda
Read previous post:
Umrah dan Haji Pembuka Jalan Rezeki

Umrah dan Haji Pembuka Jalan Rezeki. Pengalaman setiap muslim saat menjalankan ibadah haji atau umrah memang berbeda-beda. Pengalaman itu memiliki...

Close